Tech & Hobbies

Tutorial QMK Firmware Untuk Windows OS

Pinterest LinkedIn Tumblr

Artikel ini merupakan panduan bagi kalian para custom builder mechanical keyboard untuk menginstal QMK Firmware pada Windows OS dan merupakan lanjutan dari artikel Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.2. Instalasi dan konfigurasi QMK Firmware untuk Windows sebenarnya tidak berbeda jauh dengan MacOS, hanya berbeda teknik dan prosesnya saja.

Tahapan Instalasi QMK Firmware Windows OS

Jika sebelumnya instalasi QMK Firmware pada MacOs kita menggunakan Homebrew, maka khusus untuk Windows kali ini kita akan menggunakan MSYS2.

Tutorial QMK Firmware Untuk Windows OS
MSYS2

Apa itu MSYS2? sama halnya dengan homebrew, MSYS2 adalah software berbasis CLI (Comand Line Interface) yang digunakan untuk membantu user menjalankan berbagai native software khususnya pada Windows OS. Dalam MSYS2 terdapat CLI yang bernama mintty, bash, yang bisa digunakan juga untuk version control pada GIT.

Untuk membantu proses instalasi dan juga update pada sistem MSYS2, software ini membutuhkan package management system bernama Pacman yang berguna untuk memperkaya fitur dari MSYS2 agar lebih fleksibel digunakan untuk berbagai keperluan instalasi software dan sistem.

Pertama-tama kalian bisa akses website MSYS2, atau bisa langsung download installer file berikut (msys2-x86_64-20200903.exe). Seteleah selesai download, silahkan instal langsung pada komputer/laptop kalian.

Tutorial QMK Firmware Untuk Windows OS
Instalasi software MSYS2

Jika proses instalasi sudah selesai, biasanya kita dapat langsung running aplikasi MSYS2, atau kalian bisa menggunakan search pada navbar windows untuk mecari aplikasi MSYS2. Setelah MSYS2 terbuka, kalian bisa copy kode berikut untuk melakukan update/instalasi Pacman pada core sistem komputer serta membaca database software;

pacman -Syu

Tutorial QMK Firmware Untuk Windows OS
Update/Instal Pacman pada MSYS2

Tekan “Y” dan enter untuk memulai proses update. Jika dirasa perlu, kalian juga bisa melakukan update ulang untuk memastikan aplikasi MSYS2 yang terinstal memiliki support file terbaru, namun sebelumnya tutup terlebih dahulu aplikasi MSYS2 jika kalian sudah membukanya, lalu buka kembali MSYS2 dan jalankan perintah berikut;

pacman -Su

Jika kalian sudah menjalankan semua langkah di atas, maka aplikasi MSYS2 sudah dapat dijalankan pada komputer kalian.

Tutorial QMK Firmware Untuk Windows OS
Tampilan aplikasi file pada MSYS

Selanjutnya tutup aplikasi MSYS2 dan buka aplikasi MinGW 64-bit atau gunakan MinGW 32-bit jika Windows kalian menggunakan sistem 32bit (Aplikasi ini satu paket dengan MSYS2, namun berbeda kegunaanya dengan MSYS2). Jika kalian kesulitan untuk mencari aplikasi MinGW ini, kalian bisa gunakan search bar Windows dan ketikan “MinGW”.

Jangan menggunakan MinGW 64-bit pada sistem operasi Windows 32bit, begitupun sebaliknya (MinGW 32-bit pada sistem 64bit) karena akan menyebabkan error ketika kalian menjalankan sebuah perintah

Copy paste satu persatu perintah di bawah ini dan tekan enter;

pacman --needed --noconfirm --disable-download-timeout -S git mingw-w64-x86_64-toolchain mingw-w64-x86_64-python3-pip
python3 -m pip install qmk

Proses instalasi di atas memakan waktu 5-10 menit, jadi silahkan tunggu dan pastikan koneksi internet kalian dalan keadaan stabil karena bisa saja kalian akan mendapati error pada proses instalasi disebabkan koneksi internet yang buruk.

Tutorial QMK Firmware Untuk Windows OS
Error yang disebabkan gangguan koneksi

Setelah proses di atas selesai, kalian bisa langsung download QMK Toolbox pada link berikut (Link QMK Toolbox), lalu dan pilih dan download qmk_toolbox_installer.exe

Tutorial QMK Firmware Untuk Windows OS
File installer QMK Toolbox

Setelah selesai download kalian bisa langsung install QMK Toolbox pada komputer/laptop kalian. Dengan melewati semua tahapan di atas seharusnya kalian sudah bisa menjalankan QMK Toolbox pada komputer kalian tanpa ada masalah.

Untuk menggunakan VIA kalian bisa download langsung pada website VIA caniusevia.com dan pilih Download VIA. Karena kalian menggunakan Windows OS, ketika kalian klik download maka kalian akan otomatis redirect menuju halaman github VIA. Pilih dan download via1.3.1-win.exe (versi software VIA sewaktu-waktu mungkin bisa berubah jika terdapat update, jadi pastikan saja kalian mendownload file dengan extensi .exe di dalamnya) .

Tutorial QMK Firmware Untuk Windows OS
Halaman github VIA

Setelah selesai download, kalian bisa langsung instal pada komputer kalian dan VIA dapat langsung digunakan.

Semua tahapan di atas merupakan proses awal yang akan membantu kalian untuk dapat melakukan konfigurasi key-mapping dengan QMK Configurator dan juga melakukan proses flashing keyboard/PCB menggunakan QMK Toolbox.

Untuk mengetahui lebih detail bagaimana melakukan key-mapping beserta fungsi lainnya menggunakan QMK Configurator kalian bisa cek artikel Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.1, disana saya sudah menjelaskan detail konfigurasi dan juga tips lainnya.


Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam proses merakit custom build keyboard. Jika ada pertanyaan atau kesulitan selama instalasi, kalian bisa langsung bertanya pada kolom komentar dan saya akan berusaha membantu kalian.

Silahkan bookmark atau share artikel ini kepada teman atau sahabatmu supaya penghobi mechanical keyboard di Indonesia semakin bertumbuh. Akhir kata saya ucapkan terima kasih 🙂

Hallo kawan-kawan semua nama saya Dwi Priyatmoko, content creator sekaligus co-founder blog BackslashID. Saya seorang Web Designer yang juga menyukai ilmu seputar User Experience. Diluar kegiatan ngoding dan desain, saya hobi melakukan olahraga outdor taril run dan juga bermain game mobile. Kebetulan saat ini juga tertarik pada custom mechanical keyboard.

Write A Comment