Tech & Hobbies

Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.2

Pinterest LinkedIn Tumblr

Artikel ini merupakan lanjutan dari Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.1 yang sudah dibahas sebelumnya. Jika kalian belum membaca part.1, maka diharapkan skip artikel ini dan baca part sebelumnya untuk menghindari miss information.

Memulai QMK Toolbox

Setelah kita selesai dengan QMK Configurator, proses selanjutnya kita akan melakukan flashing menggunakan QMK Toolbox, namun sebelumnya kamu harus install terlebih dahulu software QMK Toolbox pada system MacOS. Proses instalasinya cukup mudah asalkan kamu mengikuti step yang akan saya jelaskan di bawah dengan benar.

Instalasi QMK Toolbox menggunakan Hombrew

Homebrew adalah sistem open-source package gratisan untuk membantu proses penginstalan software pada sistem operasi MacOS Apple dan Linux. Homebrew menggunakan Command Line Interface atau biasa disebut terminal pada MacOs untuk menjalankan segala perintahnya.

Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.2
Homebrew

Mengapa menggunakan homebrew? karena jika kalian langsung download dan instal QMK Toolbox pada sistem kalian, maka akan berpotensi error atau software tidak dapat berjalan dengan semestinya.

Cara menginstal homebrew sendiri cukup mudah, kalian tinggal akses terminal yang terletak pada “Application > Utilities > Terminal” atau bisa juga menggunakan spotlight (Cmd + spasi, lalu ketikan “terminal”). Selanjutnya copy baris perintah kode di bawah ini pada terminal lalu tekan enter.

/bin/bash -c "$(curl -fsSL https://raw.githubusercontent.com/Homebrew/install/master/install.sh)"

Setelah homebrew selesai terinstal, kalian tinggal buka terminal, selanjutnya copas secara bertahap baris perintah kode di bawah ini, kalian tinggal copas saja dan homebrew akan otomatis menginstal setiap tahap yang dibutuhkan QMK ke dalam sistem.

copas setiap satu baris kode dan tekan enter, tunggu sampai proses selesai dan lanjutkan copas baris kode selanjutnya sampai selesai

  1. brew tap qmk/qmk
  2. brew tap osx-cross/arm
  3. brew tap osx-cross/avr
  4. brew install qmk
  5. install QMK.Toolbox.app.zip

Tahapan install ini cukup memakan waktu lama, jadi harap sabar dan menunggu sampai semua perintah di atas selesai dijalankan. Selanjutnya kamu tinggal buka link ini (Github QMK Toolbox) dan download Asset file QMK.Toolbox.app.zip

Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.2
List file pada Github QMK Toolbox

Setelah selesai download, kamu tinggal unzip file tersebut dan drag QMK App ke folder Applications. Kamu bisa langsung buka App QMK Toolbox yang sudah kamu instal ke dalam sistem sekaligus mengeceknya.

Mengoperasikan QMK Toolbox

Tahapan selanjutnya, buka QMK Toolbox dan kamu bisa pilih tipe keyboard yang kamu miliki pada form select a keyboard to downloads, lalu klik open untuk mengimport firmware dengan extensi .hex yang sudah kamu buat pada tahap sebelumnya.

Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.2
Tampilan QMK Toolbox

Jika kamu klik tombol Load, maka QMK akan otomatis mendownload default firmware untuk keyboardmu, namun jangan lakukan ini jika kamu sudah membuat firmware sendiri pada tahapan QMK Configuration sebelumnya.

Terdapat pilihan microcontroller/chip pada pojok kanan atas, fungsinya untuk menentukan jenis microcontroller apa yang terdapat pada PCB keyboardmu. Biasannya QMK Toolbox akan membacanya secara otomatis hal ini, namun untuk lebih memastikan, kamu bisa cek terlebih dahulu informasi microcontroller yang terdapat pada PCB keyboard (jangan salah pilih!).

Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.2
Gambar microcontroller Atmega32u4

Selanjutnya kamu bisa colokan keyboard/PCB board yang kamu miliki ke MacBook/ IMac dan tekan tombol reset yang terdapat pada PCB board, atau bisa juga menggunakan shortcut tertentu sesuai dengan tipe keyboard yang kamu miliki (Reset board tiap PBC berbeda-beda, jadi harap disesuaikan saja).

Tunggu sampai device terdeteksi di QMK toolbox lalu tekan tombol flash. Violaaa..kamu telah berhasil melakukan proses flashing firmware pada keyboardmu dan siap untuk digunakan.

Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.2
Proses flashing QMK Toolbox

Contoh flashing keyboard yang saya gunakan di atas adalah KBD75V2. Oya sekedar informasi, jika kalian mencoba mencolokan board KBD75V2 dan setting langsung menggunakan App VIA untuk cek RGB backlit pada PCB, somehow kalian tidak bisa mengubah color scheme secara manual menggunakan VIA, dikarenakan adanya crash pada sistem default microcontroller yang di set oleh pabrikan.

Cara mengatasinya cukup mudah, pertama kalian tinggal mengulang tahapan flash namun dengan menggunakan file frimware bawaan VIA (download disini) dan masukan pada QMK Toolbox. Selanjutnya ketika kalian menekan reset button kalian klik Clear EEPROM dan problem solved.

Mapping Keycode menggunakan VIA

Untuk dapat mapping keyboard menggunakan VIA, kalian harus download software VIA terlebih dahulu dan install saja langsung pada sistem komputermu. Setelah seselai download dan instal kalian mesti mengulang tahap flash menggunakan QMK toolbox namun menggunakan file .hex firmware keyboard yang ada pada list VIA seperti yang saya sudah jelaskan di atas.


Mungkin sekian saja penjelasan saya kali ini mengenai proses instalasi QMK Firmware pada sistem operasi MacOS, untuk tutorial pada sistem operasi Windows kalian dapat membacanya artikel berikut Tutorial QMK Firmware Untuk Windows OS.

Jika ada hal yang kurang jelas atau ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Semoga artikel ini dapat membantu kalian dalam memulai hobi custom mechanical keyboard, cheers!

Hallo kawan-kawan semua nama saya Dwi Priyatmoko, content creator sekaligus co-founder blog BackslashID. Saya seorang Web Designer yang juga menyukai ilmu seputar User Experience. Diluar kegiatan ngoding dan desain, saya hobi melakukan olahraga outdor taril run dan juga bermain game mobile. Kebetulan saat ini juga tertarik pada custom mechanical keyboard.

Write A Comment