Tech & Hobbies

Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.1

Pinterest LinkedIn Tumblr

Custom keyboard merupakan salah satu hobi yang unik dan cukup populer di kalangan penggunanya. Bagi kaum awam mechanical keyboard biasanya berkaitan erat dengan dunia gaming, namun sebenarnya mechanical keyboard tidak hanya diperuntukan untuk keperluan gaming semata karena pada dasarnya keyboard itu digunakan untuk mengetik.

Di Indonesia sendiri ada sebuah komunitas penghobi mechanical keyboard yaitu IMKG (Indonesia Mechanical Keyboard Group) yang berisikan member yang memiliki ketertarikan dalam dunia mechanical keyboard. Komunitas ini adalah wadah bagi para pecinta mechanical keyboard dan terbuka bagi semua kalangan yang ingin mempelajari seluk-beluk dan jenis mechanical keyboard yang tersedia di pasaran.

Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.1
QMK Firmware

Dalam artikel ini saya akan fokus membahas salah satu unsur penting yang berkaitan dengan custom mechanical keyboard yaitu QMK Firmware. QMK Firmware dikembangkan oleh Hasu’s TMK berbasis open source yang terdapat di github dan khusus mengembangkan firmware untuk mechanical keyboard.

Salah satu keuntungan keyboard berbasis QMK Firmware yaitu kamu dapat mengkostumasi semua tombol atau key yang ada dalam keyboardmu secara individual menggunakan software ini. Mungkin terdengar sedikit rumit, namun jika kalian sudah terbiasa sebenarnya QMK adalah software yang sangat powerful untuk keyboard. Contoh yang lebih advance lagi, kamu dapat membuat unique shortcut ataupun macro controler di dalam keyboardmu.

Mayoritas tutorial QMK firmware yang ada di internet saat ini lebih banyak mengulas dalam format Windows OS, dan sebagian besar berbahasa Inggris. Supaya kalian lebih mudah untuk memahami dan mengoperasikannya dalam laptop Macbook atau Imac kalian, maka saya akan mencoba menjelaskannya secara lebih terperinci di artikel ini.

Saya akan merangkum bagaimana setting QMK Firmware pada MacOS dan harap perhatikan dengan seksama setiap langkahnya agar software QMK dapat berjalan dengan baik pada sistem perangkat kalian.

Tahapan awal “QMK Firmware

Syarat pertama yang wajib ialah kamu harus memiliki keyboard/PCB board yang support QMK, karena jika keyboard/PCB kalian tidak support QMK maka software ini tidak akan berjalan pada perangkat keyboardmu.

Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.1
Tampilan situs QMK Configurator

Langkah selanjutnya kalian bisa akses situs QMK Configuration. QMK Configuration berfungsi untuk mapping keyboard key dan juga mengolah firmware yang akan digunakan pada keyboard, bisa juga untuk testing fungsi keyboard/PCB board. Dalam situs QMK Configuration kamu akan melihat beberapa input controler untuk dapat mengkonfigurasi layout dan fungsi keyboard.

QMK Configurator hanya berjalan pada browser Chrome atau Firefox.

Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.1
QMK Configurator form

Terdapat form Keyboard: dimana kamu bisa memilih jenis keyboard yang kamu miliki. Disini kamu tinggal pilih saja jenis keyboard/PCB board sesuai dengan yang akan kamu gunakan. Harap perhatikan dengan seksama jenis keyboard, karena bisa saja jenis keyboarmu memiliki beberapa versi (v1, v2, rev1, rev2, dll). Jika kamu kurang yakin, kamu bisa cek pada dokumentasi manual usage keyboardmu atau googling.

Selanjutnya pilih Layout: untuk menentukan tipe layout apa yang akan kamu gunakan untuk keyboardmu. Biasanya custom keyboard terutama jenis PCB solder memiliki fleksibilitas untuk memilih berbagai jenis layout seperti Ansi atau Iso, dan juga split spacebar (jenis layout keyboard), namun semua tergantung jenis PCB yang kamu miliki.

Keymap Name: digunakan untuk memeberi nama untuk setingan keyboard yang akan kamu buat nantinya, harap menggunakan nama yang unik agar mudah untuk dikenali ketika kamu ingin mencari hasil export file dan menggunakannya kedepan untuk memodifikasi layout.

Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.1
Tampilan keymap QMK Configurator

Lanjut ke bagian keymap, disini kamu bisa input setiap key yang ingin kamu maping ke dalam layout keyboard. Caranya kamu tinggal drag and drop saja keycodes yang ingin kamu masukan ke dalam layout keyboardmu pada input keymap sampai terisi semua. Kamu bisa juga klik Load Default jika kamu ingin menggunakan layout standar bawaan keyboardmu.

Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.1
Manual Input QMK Configuration

Cara input keymap yang lebih praktis yaitu menggunakan fast input yang ada pada settings di pojok kanan atas.

Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.1
Fast Input toggle QMK Configuration

Dengan menggunakan fast input, kamu tinggal klik saja kolom keymap dimana kamu akan memulai inputan dan ketikan setiap key pada keyboard laptop atau keyboard yang sedang kamu gunakan, biasanya saya memulai dari input escape di pojok kiri atas.

Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.1
Fast Input QMK Configuration

Dalam kolom KEYCODES ada berbagai jenis inputan diantaranya ANSI, ISO, Quantum, Keyboard Settings, App media and mouse. Setiap jenis inputan memiliki fungsinya masing-masing, untuk mengetahui lebih lengkapnya input dan fungsi apa saja yang tersedia, kamu bisa cek langsung dokumentasinya di keycode reference.

Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.1
Tampilan fungsi keycodes pada footer

Kamu juga bisa arahkan kursor pada setiap keycode dan melihat fungsi inputan pada bagian footer webiste.

Perlu diperhatikan bahwa Layer 0 pada konfigurator adalah layer utama dari fungsi keymap keyboard, untuk mengisi layer kedua keyboard yang biasanya di akses menggunakan function key, kamu tinggal klik dan pilih layer 1 dan layer seterusnya lalu masukan keycodes sesuai kebutuhan. Saya pribadi menyebut layer di atas 0 sebagai shadow keys, dimana kamu bisa memasukan fungsi shortcut (Media key, RGB Setting, Reset, dll) atau konfigurasi yang lebih advance pada layout custom keyboard.

Mengaktifkan shadow keys membutuhkan fungsi Layer Switching bernama MO(layer) yang terdapat pada tab Quantum keycodes. Kamu bisa drag & drop pada posisi tombol function di keyboardmu, atau dimanapun sesuai kebutuhan. Untuk menentukan akses layer saat ingin mengaktifkan shadow keys kamu bisa klik MO(layer) pada keymap dan ketikan layer berapa yang ingin kamu fungsikan. MO(layer) juga dapat diterapkan pada tombol lain sebagai shadow key layer 2, 3 dst.

Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.1
Tampilan MO(Layer)

Compile QMK Configuration

Proses compiling ini dilakukan setelah kalian selesai mapping key beserta semua fungsinya. Caranya dengan menekan tombol compile dan proses compiling akan berjalan otomatis setelah popup gambar kentang muncul. Kalian juga bisa klik sembarang untuk menghilangkan popup kentang tanpa mengganggu proses compiling

Jangan tutup tab browser pada saat proses compile, karena itu adalah tindakan yang bodoh!

Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.1
Proses Compile berlangsung

Proses compile selesai ditandai dengan hilangnya poup kentang atau kalian bisa lihat pada bagian Command Line yang menunjukkan proses compile sukses dilakukan.

Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.1
Command line pada QMK Configurator

Langkah selanjutnya kamu bisa klik tombol download KEYMAP.JSON, file ini berisi konfigurasi keymap yang sudah kamu setting. Kedepannya jika diperlukan kamu tinggal import keymap yang sudah pernah kamu buat pada QMK Configurator. Download juga firmware yang sudah kamu buat untuk keyboardmu dengan klik tombol FIRMWARE, file ini memiliki extensi .hex yang berguna pada proses flashing keyboard nantinya.

Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.1
Contoh file hasil export QMK COnfiguration

Untuk proses selanjutnya ada di Tutorial QMK Firmware untuk MacOs Part.2 ya guys supaya tulisannya tidak kepanjangan dan lebih enak dibaca 🙂

Hallo kawan-kawan semua nama saya Dwi Priyatmoko, content creator sekaligus co-founder blog BackslashID. Saya seorang Web Designer yang juga menyukai ilmu seputar User Experience. Diluar kegiatan ngoding dan desain, saya hobi melakukan olahraga outdor taril run dan juga bermain game mobile. Kebetulan saat ini juga tertarik pada custom mechanical keyboard.

Write A Comment