User Experience

Proses dari UI/UX Design #part 1

Pinterest LinkedIn Tumblr

Perkembangan industri kreatif di dunia saat ini makin tumbuh dengan pesat yang ditandai dengan lahirnya berbagai “Start-up” besar dengan bermacam produk dan layanan yang diberikan. Di Indonesia sendiri sudah lahir banyak nama besar seperti, Tokopedia, Bukalapak, Gojek ,dll yang mana sama-sama mengawali kesuksesannya berawal dari sebuah start-up.

Iklim startup yang berkembang pesat ini pun berdampak positif terhadap lapangan pekerjaan baru yang tersedia khususnya pada Industri kreatif, salah satunya ialah profesi UI/UX designer (User Interface/ User Experience) yang cukup populer.

Dalam artikel #part 1 ini saya akan memberikan rangkuman singkat mengenai dasar proses UI/UX design dan akan dibagi dalam tiga artikel. Kamu bisa menggunakan ini sebagai pedoman dalam memahami ilmu UI/UX serta implementasinya dalam mengembangkan sebuah produk.

Apa Itu UX?

UX (User Experience) adalah pengalaman pengguna (user) saat menggunakan/berinteraksi dengan sebuah produk, yang mana hal ini bersifat subjektif karena berasal pada persepsi dan pemikiran individu yang berhubungan dengan sistem dan apa yang mereka rasakan saat menggunakan sebuah produk.

Apa Itu UI?

UI (User Interface) adalah jembatan antara pengguna (user) dengan produk melalui tampilan visual baik itu bentuk, warna, tulisan (typography) untuk menciptakan interaksi yang menarik dari sebuah produk. Tujuannya adalah untuk mempermudah pengguna/user dalam menggunakan sebuah produk secara efektif.

UI/UX Design

UI design merancang seluruh tampilan interface dan keseluruhan detailnya, sedangkan UX merupakan keseluruhan pengalaman dan struktur sebuah produk yang disusun untuk mencapai tujuan produk tersebut.

Dwi Priyatmoko

UI dan UX adalah hal yang selalu berkaitan satu sama lain, karenanya untuk menghasilkan UI yang baik harus didukung dengan UX yang valid. Membuat UI design yang menarik jika tidak mempertimbangkan UX maka desain tersebut akan menjadi hambar, dan sebaliknya perencanaan UX yang matang tanpa memperhatikan detail interface sebuah produk dapat mengurangi nilai estetika dan interaksi produk tersebut di mata user.

Media dalam sebuah desain

Proses dari UI/UX Design #part 1

Adalah hal penting untuk mempertimbangkan faktor media apa yang akan digunakan saat membangun experience sebuah produk, apakah desain tersebut akan diterapkan pada desktop, mobile web (responsive) atau mobile app.

Saya contohkan untuk sebuah mobile app, pemilihan interaksi dipengaruhi oleh ukuran (size) dari device yang akan digunakan dan metode interaksi apa yang dikembangkan untuk mendukung konteks tersebut, karena ukuran masing-masing device berbeda satu sama lain, contohnya untuk kasus mobile app pada device iPhone yang memiliki beberapa ukuran untuk devicenya.

Proses dari UI/UX Design #part 1
Resolusi layar iPhone. (Sumber : https://ivomynttinen.com/blog/ios-design-guidelines )

Kamu juga wajib mempertimbangkan gerakan sentuhan (touch gesture) apa yang paling sesuai untuk interaksi tertentu, dan juga penempatan elemen UI yang proporsional agar user dapat berinteraksi dengan mudah, seperti penempatan navigasi dan CTA (Call To Action) button. Untuk informasi lebih lengkapnya lagi mengenai touch gesture, blog smashingmagazine.com memiliki artikel menarik yang mengulas dengan detil To Use Or Not To Use: Touch Gesture Controls For Mobile Interfaces

Proses dari UI/UX Design #part 1
Chart of gestural controls (Image credit: Touch Gesture Reference Guide)

Penting juga untuk mempertimbangkan bagaimana dan kapan user biasanya berinteraksi dengan device mereka, contohnya apakah user yang kamu tuju memiliki mobilitas yang tinggi? dan apakah produk ini nantinya akan dipakai oleh user dalam kondisi sedang beraktivitas, atau dalam kondisi statis/ tidak dalam mobilitas yang tinggi.


Pada artikel selanjutnya saya akan membahas mengenai Tahapan Dalam UI/UX design #part 2, silahkan bagikan artikel ini jika kalian menyukainya atau berikan komentar jika ada masukan atau pertanyaan dari tulisan ini.

Hallo kawan-kawan semua nama saya Dwi Priyatmoko, content creator sekaligus co-founder blog BackslashID. Saya seorang Web Designer yang juga menyukai ilmu seputar User Experience. Diluar kegiatan ngoding dan desain, saya hobi melakukan olahraga outdor taril run dan juga bermain game mobile. Kebetulan saat ini juga tertarik pada custom mechanical keyboard.

Write A Comment