WordPress

5 Plugin Untuk Meningkatkan Kecepatan WordPress

Pinterest LinkedIn Tumblr

Plugin merupakan salah satu fitur WordPress yang sangat besar perannya, WordPress menyediakan core, dan plugin menambah fitur dan fungsi. Plugin juga jadi salah satu faktor besar yang membuat WordPress kini menjadi sangat populer, bahkan saat ini sekitar 41% dari website yang ada diseluruh dunia menggunakan WordPress!

Salah satu kategori plugin yang sangat populer saat ini adalah plugin untuk meningkatkan kecepatan WordPress. Diartikel ini saya akan membagikan 5 plugin untuk meningkatkan kecepatan WordPress, 3 diantaranya merupakan plugin yang sudah sering saya gunakan.

Mengapa WordPress Anda Harus Cepat?

Kecepatan sebuah website merupakan bagian dari SEO On-page, ini juga merupakan salah satu faktor yang bisa menentukan peringkat website Anda di mesin pencari. Selain itu, website dengan kecepatan yang baik sangat disukai oleh pengguna.

Website yang lambat akan menciptakan pengalaman pengguna yang buruk, sehingga mereka akan dengan cepat menekan tombol Back atau segera meninggalkan website Anda.

Di tahun 2016, Google menerbitkan sebuah artikel yang menyebutkan bahwa 53% dari pengunjung sebuah website, akan segera meninggalkannya apabila memuat lebih dari 3 detik! Maka dari itu, kecepatan dan performa website sangat penting perannya.

Bagaimana Cara Menguji Kecepatan WordPress Anda?

Ada beberapa website yang biasa saya sendiri gunakan untuk menguji kecepatan dari website-website WordPress saya maupun klien-klien saya, berikut ini daftarnya:

  1. GTmetrix
  2. Google PageSpeed Inisghts
  3. WebPageTest

Baca juga: Cek Performa & SEO Website Dengan Lighthouse

Apa Saja Plugin Untuk Meningkatkan Kecepatan WordPress?

Seperti yang sudah saya bahas di atas, plugin untuk meningkatkan kecepatan ini merupakan salah satu kategori plugin yang paling populer, apabila Anda coba cari plugin dengan kata kunci ‘performance’ di website resmi WordPress.org, Anda akan diperlihatkan betapa banyaknya pilihan plugin yang bisa Anda coba.

Untuk itu, saya akan memilihkan 5 plugin yang memang pernah saya gunakan dan memberikan dampak yang baik bahkan signifikan.

1. WP Super Cache

Plugin Untuk Meningkatkan Kecepatan WordPress
WP Super Cache

WP Super Cache masuk ke dalam daftar paling pertama dikarenakan plugin ini menjadi salah satu plugin untuk meningkatkan kecepatan WordPress dengan jumlah unduh yang mencapai lebih dari 35 juta unduh! Selain itu, plugin ini juga saat ini aktif digunakan dilebih dari 2 juta website WordPress diseluruh dunia.

WP Super cache merupakan plugin yang sangat mudah pengaturannya. Bahkan yang perlu Anda lakukan, setelah terinstal, Anda hanya perlu mengaktifkan fitur cache-nya, kemudian plugin ini akan bekerja dengan sendirinya.

Namun ada satu kekurangan dari plugin ini yaitu tidak adanya fitur minify yang sebenarnya cukup penting ada di dalam plugin untuk mengoptimisasi kecepatan, namun Anda bisa mengkombinasikan plugin ini dengan plugin Autoptimize yang akan saya jelaskan di bawah.

2. W3 Total Cache

W3 Total Cache secara fitur jauh lebih lengkap dibandingkan WP Super Cache, namun untuk sebagian orang pengaturan dari W3 Total Cache ini agak lebih rumit.

Secara statistik, plugin ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan WP Super cache, total unduhnya sudah mencapai 28 juta kali, sedangkan website WordPress yang menggunakan plugin ini sudah mencapai 1 juta website diseluruh dunia!

Apabila Anda perhatikan halaman resmi plugin ini, ada banyak ulasan bintang 1 untuk plugin ini. Jadi, plugin ini sempat tidak diurus selama beberapa waktu, namun akhirnya pengembang plugin ini kembali dan memperbaiki semua bugs yang ada. Ditambah lagi, seperti yang sudah saya tulis di atas, pengaturan plugin ini cukup rumit, sehingga banyak pengguna yang kesulitan untuk mengaturnya.

Terlepas dari itu semua, plugin ini termasuk salah satu plugin favorit saya karena memiliki fitur-fitur untuk mengoptimisasi kecepatan WordPress yang cukup lengkap.

3. WP Rocket

5 Plugin Untuk Meningkatkan Kecepatan WordPress
WP Rocket

WP Rocket adalah plugin premium yang memiliki segudang fitur untuk mengoptimisasi kecepatan website WordPress Anda. Sudah banyak profesional menggunakan plugin ini dan membuktikan sendiri keampuhan plugin ini dalam mengoptimalkan kecepatan WordPress.

W3 Total Cache seperti saya bilang di atas, secara fitur memang lengkap, namun pengaturannya rumit, berbanding terbalik dengan WP Rocket. WP Rocket ini menyediakan fitur yang lengkap dan juga cara pengaturannya yang mudah.

Beberapa fitur yang sangat membantu dalam pengoptimilan kecepatan WordPress yang ada pada WP Rocket adalah sebagai berikut ini:

  1. Mengkombinasi dan memperkecil ukuran berkas CSS dan Javascript.
  2. Lazy load untuk gambar dan video.
  3. Preload font.
  4. Pengoptimilan database.
  5. Critical CSS.

Fitur yang unik dan salah satu favorit saya adalah fitur Critical CSS. Fitur ini sangat membantu untuk mempercepat proses awal memuat website WordPress Anda. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung mengunjungi website resmi WP Rocket.

4. Autoptimize

Autoptimize sudah saya sebutkan di atas, plugin ini biasanya yang menjadi tandem dari WP Super Cache. Plugin ini menyediakan berbagai fitur yang penting untuk membantu mempercepat website WordPress Anda, diantaranya:

  1. Optimalisasi CSS dan Javascript.
  2. Optimisasi HTML.
  3. Lazy load gambar.
  4. CDN gratis untuk gambar.
  5. Mengoptimalkan Google Fonts.
  6. Menghapus emoji.
  7. Preload, preconnect & Async.

Untuk plugin gratis, plugin ini menawarkan cukup banyak fitur dan saya bisa bilang, kombinasi WP Super Cache dan Autoptimize akan memberikan dampak yang signifikan pada kecepatan website WordPress Anda.

5. WebP Express

5 Plugin Untuk Meningkatkan Kecepatan WordPress
WebP Express

Banyak sekali yang melupakan bahwa gambar adalah salah satu faktor besar yang mempengaruhi kecepatan memuat website. Kebanyakan hanya berfokus pada cache atau aset seperti CSS dan Javascript, untuk itu saya memasukan plugin WebP Express ke dalam daftar plugin untuk meningkatkan kecepatan WordPress ini.

WebP Express adalah plugin untuk mengkonversi gambar menjadi format webp. WebP adalah format gambar modern dengan ukuran yang lebih kecil dari format-format seperti jpg maupun png, namun dengan kualitas yang tetap terjaga.

Dengan ukuran gambar yang lebih kecil, tentu kecepatan memuat pun akan bertambah cepat, apalagi ditambah dengan fitur lazy load dari plugin yang sudah saya jelaskan di atas.

Yang menarik dari plugin ini adalah pengaturan yang mudah dan kita tidak perlu mengkonversi secara manual satu per satu gambar-gambar yang ada ke format webp, ada fitur auto generated, ketika ada pengunjung ke halaman website dan di halaman itu terdapat gambar, plugin ini akan otomatis mengkonversi gambar tersebut menjadi webp.

Kesimpulan

Kelima plugin untuk meningkatkan kecepatan WordPress yang sudah saya jelaskan di atas akan memberikan dampak yang signifikan untuk membantu meningkatkan kecepatan website WordPress Anda, dan sudah saya buktikan sendiri.

Anda bisa memilih salah satu atau bisa juga mengkombinasikannya, karena masing-masing plugin mempunyai fungsinya masing-masing.

Kalau Anda mempunyai rekomendasi plugin lain, silahkan tinggalkan di kolom komentar di bawah.

Nama saya Satrya, saya adalah co-founder blog BackSlashID. Saya sangat mengagumi bahasa CSS, CSS membuat website menjadi indah, berwarna dan menarik!

Write A Comment