Web Development

Cek Performa & SEO Website Dengan Lighthouse

Pinterest LinkedIn Tumblr

Untuk menjalankan sebuah website yang sukses dibutuhkan kualitas website yang baik. Ada banyak faktor untuk membuat kualitas website Anda menjadi baik, misalnya pengalaman pengguna (user experience) yang baik, SEO yang natural dan mengikuti aturan, kecepatan yang baik, dan masih banyak lagi.

Apa itu Lighthouse?

Google membuat sebuah alat bernama Lighthouse, Lighthouse merupakan sebuah alat untuk membantu meningkatkan kualitas halaman website Anda. Ada 4 kriteria yang bisa Anda cek menggunakan Lighthouse:

  1. Performa atau Kecepatan
  2. Aksesibilitas
  3. Praktik terbaik atau Best Practices
  4. Audit SEO

Cara Menggunakan Lighthouse

Tampilan hasil dari Lighthouse
Contoh penggunaan Lighthouse.

Ada 2 cara untuk mengakses Lighthouse:

  1. Google Chrome Developer Tools
  2. Kunjungi website https://web.dev/measure/

Apabila browser yang Anda gunakan adalah Google Chrome, maka cara paling mudah adalah dengan mengaksesnya melalui developer tools. Cara untuk mengaksesnya:

Cara untuk mengakses Lighthouse pada Google Chome Developer tools
  1. Klik kanan pada website yang ingin Anda tes.
  2. Lalu pilih Inspect.
  3. Kemudian Developer Tools akan muncul, lalu Anda pilih tab Lighthouse.
  4. Untuk melakukan tes, Anda hanya perlu menekan tombol Generate report.
  5. Proses tes akan memakan waktu beberapa detik atau kurang lebih sekitar 1 menit.
  6. Hasilnya akan seperti gambar di bawah ini.
Hasil dari Lighthouse pada Chrome Developer Tools

Untuk melihat keseluruhan hasilnya Anda bisa klik pada 4 angka yang tertera di paling atas. Setelah mengklik salah satu angka misalkan angka SEO, maka Anda akan diperlihatkan keseluruhan hasil reportnya.

Contoh hasil akhir dari SEO report

Lighhouse juga memberikan petunjuk untuk Anda agar bisa mengoptimalkan skornya. Anda hanya perlu untuk mengikuti petunjuknya saja. Apabila Anda menggunakan WordPress, jangan lupa untuk menggunakan child theme untuk mengkustomisasi website Anda.

Lighthouse VS GTmetrix

Sebagian besar dari Anda pasti sudah mengetahui apa itu GTmetrix. Gtmetrix merupakan sebuah alat untuk mengukur perfora atau kecepatan dari website Anda. Alat ini sangat terkenal dan banyak yang menggunakan alat ini sebagai referensi untuk mengukur performa website.

Namun, beberapa waktu lalu GTmetrix mengumumkan bahwa saat ini algoritma mereka menggunakan Lighthouse. Jadi kurang lebih, saat Anda melakukan pengecekan performa baik melalui Chrome Developer Tools maupun melalui GTmetrix, hasilnya akhirnya kurang lebih akan sama.

Satu hal yang menjadi catatan adalah GTmetrix hanya mengecek performa, namun Lighthouse yang digunakan pada Chrome Developer Tools bisa untuk mengaudit performa, aksesibilitas, best practice, dan SEO.

Kesimpulan

Anda bisa memanfaatkan Lighthouse untuk meningkatkan kualitas dari website Anda atau hanya halaman-halaman yang penting saja misalkan Landing Page untuk Anda berjualan, atau halaman blog yang ingin Anda tingkatkan rankingnya di Search Engine.

Apabila ada pertanyaan silahkan Anda tuliskan dikolom komentar.

Nama saya Satrya, saya adalah co-founder blog BackSlashID. Saya sangat mengagumi bahasa CSS, CSS membuat website menjadi indah, berwarna dan menarik!

Write A Comment