WordPress

3 Cara Untuk Mengoptimalkan Kecepatan Website WordPress

Pinterest LinkedIn Tumblr

Kecepatan sebuah website adalah faktor penting yang sering dilupakan oleh pemilik website. Kebanyakan pemilik website hanya sibuk dengan tampilan/desain atau mencari cara menjual lebih banyak produk atau jasa mereka.

Mengapa Anda Harus Mengoptimalkan Kecepatan?

Ada 2 alasan kuat mengapa Anda harus mengoptimalkan dan meningkatkan kecepatan website anda:

1. Memperbaiki Posisi Website Pada Mesin Pencari

Memperbaiki Posisi Website Pada Mesin Pencari

Beberapa tahun lalu Google mengumumkan bahwa kecepatan sebuah website menjadi salah satu faktor untuk menentukan posisi atau peringkat website anda pada mesin pencari Google.

Anda pasti sudah tahu, saat ini Google merupakan mesin pencari yang sangat populer. Dengan peringkat website yang tinggi, website anda akan kebanjiran pengunjung! Tapi tentu saja ada faktor-faktor lain juga yang akan mengoptimalkan peringkat website Anda di Google, tapi jangan lupa kalo kecepatan merupakan satu dari banyak faktor lainnya tersebut.

2. Pengalaman Pengguna yang Lebih Baik

Atau bahasa modernnya adalah User Experience. Kenapa pengalaman pengguna penting? Menurut hasil studi dari Pingdom, 38% pengunjung akan langsung meninggalkan sebuah website apabila waktu untuk memuat website tersebut lebih dari 5 detik!

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, ketika saya membutuhkan suatu informasi, saya akan cari di Google kemudian memilih website yang mungkin bisa menyediakan informasi yang saya butuhkan. Apabila website yang saya kunjungi sangat lambat dalam memuat, tanpa pikir panjang saya akan langsung menutup tab browser dan berpindah ke website lainnya.

Coba bayangkan apabila website Anda menjual produk atau jasa, Anda bisa kehilangan sangat banyak klien potensial hanya karena website Anda lambat!

Cara Mengecek Kecepatan Website

Untuk mengecek kecepatan website Anda tidak dibutuhkan skill khusus, bahkan Anda yang tidak punya background IT pun bisa melakukannya. Ada beberapa website yang biasa saya gunakan untuk mengecek kecepatan website:

1. GTmetrix

GTmetrix

Untuk menggunakan website ini silahkan buka website GTmetrix, lalu Anda tinggal masukan alamat website Anda dan Anda hanya perlu menunggu hasilnya muncul. Ada 3 poin yang penting untuk dicermati, yaitu:

  • Fully Loaded Time: waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman website Anda.
  • Total Page Size: ukuran dari halaman website Anda.
  • Request: Jumlah HTTP request. Sederhanannya HTTP Request itu, ketika browser memuat sebuah website, server dari website tersebut akan mengirimkan resources yang terdiri dari berbagai macam file seperti HTML, CSS, Gambar, dan lain-lain ke browser Anda. Lebih jelasnya bisa Anda baca di sini.

Ketiga poin di atas bisa Anda gunakan sebagai acuan ketika mengoptimalkan website Anda. Dan juga untuk poin-poin apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengoptimalkan website Anda, silahkan lihat area Recommendation, dan fokus pada tab Grade. Warna hijau berarti sudah baik, warna lain berarti ada yang harus atau bisa Anda optimalkan. Buka daftar yang muncul satu per satu untuk melihat cara untuk mengoptimalkannya.

2. PageSpeed Insights

kecepatan website

Buka halaman website ini untuk mencoba tool ini. PageSpeed Insights ini menjadi pilihan pribadi saya karena 2 faktor:

  1. Tool buatan Google
    Seperti yang sudah saya tulis di atas, salah satu alasan untuk memperbaiki kecepatan website adalah untuk memperbaiki posisi atau ranking website pada mesin pencari dan mesin pencari yang sangat populer saat ini adalah Google.
  2. Fitur kecepatan akses untuk mobile
    Coba Anda cek kecepatan website anda menggunakan tool ini, kemudian lihat area kiri atas, Anda akan melihat navigasi seperti gambar di bawah ini. Dengan fitur ini Anda juga bisa mengoptimalkan kecepatan website Anda untuk pengguna yang menggunakan perangkat mobile.
Fitur kecepatan akses untuk mobile

Untuk menggunakan tool ini sebenernanya tidak jauh berbeda dengan GTmetrix, setelah Anda masukan alamat website Anda, kemudian akan muncul hasilnya, scroll ke bawah, dan Anda bisa melihat detail dan langkah untuk mengoptimalkannya.

Cara Mengoptimalkan Kecepatan Website WordPress

Sebelum Anda melanjutkan membaca, ada baiknya Anda tahu bagaimana cara menginstal plugin. Karena sebagian besar langkah-langkah mengoptimalkan kecepatan ini adalah dengan menginstal plugin untuk mempermudah dan mempercepat prosesnya.

1. Aktifkan Cache

Cache adalah sebuah proses untuk menyimpan sebuah halaman atau lebih pada suatu wadah atau tempat sementara untuk kemudian disajikan dengan cepat kepada pengunjung Anda. Ketika ada banyak pengunjung ke website Anda, cache akan sangat membantu untuk menghemat bandwidth dan mengurangi waktu muat atau load times.

Untuk mengaktifkan cache Anda perlu menginstal plugin dan plugin yang biasa saya gunakan adalah WP Super Cache. Plugin ini sangat mudah untuk dikonfigurasi, tapi apabila Anda kurang cocok dengan plugin ini, ada beberapa plugin cache lain yang bisa Anda coba, seperti:

  1. W3 Total Cache
  2. WP Fastest Cache
  3. LiteSpeed Cache

2. Meminifikasi Resource (HTML, CSS, dan JavaScript)

Minifikasi adalah proses penghapusan data yang tidak penting atau tidak diperlukan pada file HTML, CSS atau JavaScript sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Minifikasi akan sangat berpengaruh dengan waktu memuat website Anda.

Setelah minifikasi, selanjutnya adalah mengkombinasikan beberapa file yang sama menjadi 1 file, misalkan website Anda menggunakan lebih dari 1 file CSS, untuk membantu mengoptimalkannya Anda harus menggabungkan file-file tersebut menjadi 1 file CSS saja.

Terdengar rumit? Tenang, ada 1 plugin yang bisa membantu Anda dan juga plugin ini selalu saya instal di semua website WordPress saya, plugin tersebut adalah Autoptimize. Plugin ini akan meminifikasi sekaligus menggabungkan semua file resource pada website WordPress Anda. Saya akan menulis 1 artikel khusus untuk membahas cara kerja dan cara mengkonfigurasi plugin ini dengan benar.

3. Mengoptimalkan Gambar

Gambar merupakan bagian penting dari konten website Anda, namun Anda harus hati-hati dan bijaksana dalam menggunakan gambar untuk konten Anda. Gambar yang terlalu besar ukurannya akan memperlambat website Anda.

Ada beberapa plugin yang bisa Anda pilih di sini, secara spesifik semua plugin itu cara kerjanya sama, yaitu mengkompresi gambar yang Anda unggah ke website WordPress Anda atau bisa juga mengkompresi gambar yang sudah anda unggah sebelumnya, beberapa dari plugin tersebut ada yang otomatis memotong gambar sesuai dengan konfigurasi Anda.

Sedikit saya bahas juga, beberapa dari plugin tersebut juga ada yang mendukung konversi gambar ke format .webp . Format ini merupakan format gambar modern, yang menurut Google format ini menyediakan gambar yang terkompresi dengan baik dan waktu muat yang lebih cepat ketimbang format lama seperti jpg atau png.

Kesimpulan

Ada beberapa langkah ekstra yang bisa membantu mengoptimalkan kecepatan website WordPress Anda seperti selalu memperbaharui WordPress itu sendiri dan PHP yang terinstal pada hosting Anda, menggunakan CDN atau Content Delivery Network untuk CSS dan JavaScript, dan juga salah satu yang penting juga adalah memilih hosting yang reliable, terpercaya dan cepat, karena seberapa kerasnya Anda mengoptimalkan kecepatan website pada akhirnya akan bergantung juga pada performa dari hosting Anda.

Nama saya Satrya, saya adalah co-founder blog BackSlashID. Saya sangat mengagumi bahasa CSS, CSS membuat website menjadi indah, berwarna dan menarik!

Write A Comment