Code Editor

Extention Penyelamat Pada Code Editor Visual Studio Code

Pinterest LinkedIn Tumblr

Seperti yang kita tahu bahwa code editor merupakan senjata utama para programer yang dapat membantu pekerjaan koding kita menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Pada artikel sebelumnya mengenai Fitur Code Editor Untuk Mempercepat Pekerjaan Koding, saya telah menjelaskan mengenai beberapa trik yang bisa kita gunakan pada code editor VS Code.

Di antara berbagai fitur yang bisa kita kostumasi termasuk extention yang powerful pada VS Code, ada satu extention yang menurut saya paling memegang peranan penting diantara semua extention yang VS Code lainnya.

Mengapa demikian? bayangkan saja kamu sudah melakukan kostumasi pada VS Code mulai dari setingan yang ada pada preference, lalu penginstalan berbagai macam extention dan juga kostumasi di setting.json, dan secara tidak sengaja aplikasi VS Code terhapus dari sistem karena penyebab tertentu dan kamu harus seting lagi semua itu dari awal? waah pasti sakit rasanya ya..hehe

Untuk itulah saya sebut extention ini adalah sang penyelamat, karena dengan menginstal extention ini kamu tidak perlu khawatir dengan hal tersebut ?

vs code
Extention Setting Sync

Ya, extention ini bernama Setting Sync. Extention ini berfungsi untuk menyimpan seluruh setingan yang sudah kamu buat pada code editor VS Code. Saking powerfulnya dia benar-benar bisa menyimpan semua data setingan seperti Snippets, Theme, Keybindings (custom shortcut), Workspace, pokoknya apapun kostumasi yang kamu buat pada VS Code akan tersimpan dan tersinkronisasi dengan extention ini menggunakan bantuan version control Github. Keren kan!

Instalasi Extention Setting Sync

Untuk dapat menggunakan extention setting sync ini kamu harus melakukan beberapa tahapan diantaranya;

Tahapan 1

Pertama-tama kamu harus memiliki akun Github terlebih dahulu dan Login pada akunmu, karena semua setingan VS Code akan di sinkronisasi pada Github Gist. Jika kamu belum memiliki akun Github, kamu bisa membuatnya terlebih dahulu disini.

Tahapan 2

Instal extention setting sync pada VS code, caranya kamu tinggal masuk pada sidebar VS Code (Cmd+B/ Ctrl+B) dan pada menu extention ketikan setting sync dan instal. Setelah selesai instal akan muncul tampilan berikut;

setting sync
Tampilan extension Setting Sync

Klik “login with github” dan kamu akan di arahkan menuju browser untuk proses sinkronisasi. Jika kamu baru pertama kali menggunakan extention ini maka kamu akan otomatis dibuatkan Github GIST pada akun Github. Jika kamu sebelumnya sudah memiliki Github GIST pada akun Github, maka kamu dapat langsung memilih list token Gist yang ada atau membuat yang baru.

Extention Penyelamat Pada Code Editor Visual Studio Code
Tampilan pada browser ketika sukses sinkronisasi extention Setting Sync dengan akun Github

Tahapan 3

Untuk memastikan kembali setinganmu sudah berhasil masuk dalam Github GIST, kamu bisa cek dengan membuka Github pada kondisi sudah login, dan pada pojok kanan atas klik tab akun dan arahkan pada pilihan “Your gists”.

Extention Penyelamat Pada Code Editor Visual Studio Code
Tampilan Github pada browser

Lalu kamu dapat melihat list Gists yang kamu punya di dalamnya. Untuk nama Id Gists pada settting sync secara default adalah cloudSettings.

Extention Penyelamat Pada Code Editor Visual Studio Code
Tampilan List Gists pada Github Gists

Jika dirasa perlu, sebelum kamu melakukan proses instalasi kamu juga bisa membuat Personal access tokens terlebih dahulu pada akun Github. Caranya masuk pada menu setting pada Github, lalu pilih menu Developer Settings lalu pilih Personal access tokens dan klik Generate new token.

Gists personal access token
Halaman personal access token pada Github

Beri nama token pada form Note dan pada list scopes pilih gist, terakhir klik tombol Generate Token dan kamu sudah berhasil membuat personal access tokenmu.

Proses Synchronize pada VS Code

Ketika semua proses instalasi dan Gist sudah selesai maka extention ini sudah dapat kamu gunakan. Untuk melakukan prose sinkronisasi di awal kamu bisa melakukannya dengan membuka IntelliSense (Cmd+Shift+P/ Ctrl+Shift+P) lalu ketikan “sync”, dan pilih Sync Now. Untuk mendownload settingan yang sudah kamu simpan kamu tinggal pilih Download Settings.

Settings Sync
Tampilan pilihan menu Settings Sync yang dibuka pada IntelliSense

Atau kamu juga bisa mengaskesnya pada menu preference > Setting Sync On, dan extention ini akan otomatis berjalan seterusnya.

Extention Penyelamat Pada Code Editor Visual Studio Code
Akses Setting Sync pada menu VS Code

Synchronize Pada Device Yang Berbeda

Selain dapat menyimpan setingan pada VS Code, extention ini juga dapat digunakan pada device/ komputer yang berbeda jika dibutuhkan. Caranya cukup mudah, setelah VS Code terinstal pada devicemu yang lain, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menginstal extension Setting Sync lalu selanjutnya pilih “login with github” seperti pada tahapan 2, lalu pilih token Gist yang kamu gunakan untuk menyimpan data extention setting sync.

existing-gist
Tampilan pilihan token Gists VS Code

Setelah berhasil terkoneksi dengan Gist, kamu tinggal mendownloadnya dengan cara mengakses pada IntelliSense (Cmd+Shift+P/ Ctrl+Shift+P), ketikan sync dan pilih Download Setting. Secara otomatis semua data settingan akan terinstal pada VS Code.

Dahulu ketika saya masih menggunakan code editor Sublime, saya sampai membuat notes untuk menyimpan semua setingan yang saya lakukan pada code editor untuk berjaga-jaga apabila suatu saat saya akan menginstal ulang komputer atau sekedar mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Setelah beralih menggunakan VS Code dan mengenal extention setting sync, saya sudah tidak lagi melakukan hal merepotkan tersebut dan bisa bekerja dengan tenang tanpa harus mengingat setingan apa saja yang sudah saya lakukan pada code editor.


Kesimpulan

Bekerja menggunakan software code editor VS Code menjadikan pengalaman ngoding saya jauh lebih menyenangkan, ditambah lagi dengan kehadiran extention setting sync ini yang dapat menjadi penyelamat serta membuat VS Code semakin fleksibel untuk digunakan kapanpun dan dimanapun.

Wajar bila VS Code mendapat predikat software code editor terbaik pilihan para programer di dunia. Selain kaya fitur dan update rutin yang sering dilakukan pengembang software editor ini, kian hari performa VS Code semakin meningkat dan membuat saya sebagai pengguna semakin mencintai software ini.

Jangan lupa share artikel ini agar dapat memberikan manfaat dan informasi kepada teman dan sahabatmu di luar sana, akhir kata saya ucapkan terima kasih dan sampai jumpa di artikel lainnya, hanya di BackslashID 😀

Hallo kawan-kawan semua nama saya Dwi Priyatmoko, content creator sekaligus co-founder blog BackslashID. Saya seorang Web Designer yang juga menyukai ilmu seputar User Experience. Diluar kegiatan ngoding dan desain, saya hobi melakukan olahraga outdor taril run dan juga bermain game mobile. Kebetulan saat ini juga tertarik pada custom mechanical keyboard.

2 Comments

Write A Comment